Memesan atau memaketkan kitab Al-Qur’an al-Karim via jasa pengiriman (pos,jne dll) memang berada dalam kehawatiran. Karna hawatir oleh petugas pengiriman yg dimaksud tidak dimulyakan sebab ☞ memegang tidak punya wudlu’, ditaruh ditempat yg tidak pantas/dianggap melecehkan.
Untuk itu pengirim wajib memberi tahukan kepada petugas jasa pengiriman bahwa barang yang dikirimkan berupa Al-Qur’an, supaya ditaruh ditempat yang tidak dianggap merusak kemulyaan Al-Qur’an (ditempat yang layak).
Dan usahakan Al-Qur’an dibungkus dengan barang lain, tidak sendiri, supaya boleh membawanya dalam keadaan tidak mempunyai wudlu’.
keterangan:
Hasyiyah al-qulyubi juz awal
.83 ﺣﺎﺷﻴﺔ ﻗﻠﻴﻮﺑﻲ ﺍﻟﺠﺰﺀ ﺍﻷﻭﻝ ﺻـ 40
( ﻓﺎﺋﺪﺓ ) ﺣﻜﻰ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺼﻼﺡ ﻭﺟﻬﺎ ﻏﺮﻳﺒﺎ ﺑﻌﺪﻡ ﺣﺮﻣﺔ ﻣﺲ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﻣﻄﻠﻘﺎ , ﻭﺣﻜﻰ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺘﻤﺔ ﻭﺟﻬﺎ ﻋﻦ ﺍﻷﺻﺤﺎﺏ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺤﺮﻡ ﺇﻻ ﻣﺲ ﺍﻟﻤﻜﺘﻮﺏ ﻭﺣﺪﻩ ﻻ ﺍﻟﻬﺎﻣﺶ , ﻭﻻ ﻣﺎ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺴﻄﻮﺭ . ﻗﺎﻟﻪ ﺍﻹﺳﻨﻮﻱ
.84 ﺷﺮﺡ ﺍﻟﺒﻬﺠﺔ ﺍﻟﻮﺭﺩﻳﺔ ﺍﻟﺠﺰﺀ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﺻـ 83
( ﻗﻮﻟﻪ : ﺣﻤﻞ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ) ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﺑﻌﺪ ﻧﻘﻞ ﺍﻟﺘﺤﺮﻳﻢ ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻭﻣﺎﻟﻚ ﻭﺃﺣﻤﺪ ﻭﺟﻤﻬﻮﺭ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﻭﻋﻦ ﺍﻟﺤﻜﻢ ﻭﺣﻤﺎﺩ ﺑﻦ ﺳﻠﻴﻤﺎﻥ ﺷﻴﺦ ﺃﺑﻲ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻭﺩﺍﻭﺩ ﺗﺠﻮﻳﺰ ﻣﺴﻪ ﻭﺣﻤﻠﻪ . ﺍ ﻫـ . ﻭﻃﺮﻳﻘﺘﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﺃﻧﻪ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﺜﺒﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺍﻟﻨﻘﻞ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝ ﻭﻋﻦ ﻓﻼﻥ ﻛﺬﺍ ﻭﻻ ﻳﺠﺰﻡ ﺑﻪ ﻛﻤﺎ ﻧﺒﻪ ﻫﻮ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﺃﻭﺍﺋﻠﻪ . ﺍ ﻫـ . ﻭﻓﻲ ﻕ ﻝ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺠﻼﻝ ﺣﻜﻰ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺼﻼﺡ ﻭﺟﻬﺎ ﻏﺮﻳﺒﺎ ﺑﻌﺪﻡ ﺣﺮﻣﺔ ﻣﺲ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﻣﻄﻠﻘﺎ ﻭﺣﻜﻰ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺘﻤﺔ ﻭﺟﻬﺎ ﻋﻦ ﺍﻷﺻﺤﺎﺏ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺤﺮﻡ ﺇﻻ ﻣﺲ ﺍﻟﻜﺘﺎﺑﺔ ﻓﻘﻂ ﻻ ﺍﻟﻬﺎﻣﺶ ﻭﻻ ﻣﺎ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺴﻄﻮﺭ . ﺍ ﻫـ . ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻷﺧﻴﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ . ﺍ ﻫـ . ( ﻗﻮﻟﻪ : ﺣﻤﻞ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ) ﻭﻟﻮ ﺑﻌﻼﻗﺘﻪ ﻭﺣﻜﻰ ﺍﻟﻘﺎﺿﻲ ﺣﺴﻴﻦ ﻭﺍﻟﻤﺘﻮﻟﻲ ﻭﺟﻬﺎ ﺃﻧﻪ ﻳﺠﻮﺯ ﺣﻤﻠﻪ ﺑﻌﻼﻗﺘﻪ ﻭﻫﻮ ﺷﺎﺫ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺬﻫﺐ ﻭﺿﻌﻴﻒ . ﺍ ﻫـ
Wallahu a’lam
Jangan Lupa, Ikuti Konten Menarik dan Informatif dari Kami 🙂 !
Pesantren Mahasiswa – Mahasiswi Al-Fattah adalah pondok dekat UNDIP , Polines , Poltekes dan sekitar nya yang menyenggarakan program Tahfidz, Kitab Kuning, dan Program Pengabdian untuk meningkatkan Softskill (kepemimpinan, public speaking, keorganisasian, sosial kemasyrakatan, dll) dari setiap santri.