Bersedekah dengan Uang dari Bunga Bank

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur kami haturkan ke Tuhan Pencipta Alam, Allah SWT yang telah mengaruniani kita dengan akal-pikiran dan hati. Sholawat serta salam tak lupa kami kumandangkan kepada Nabi besar kita, Nabi Muhammad SAW. Nabi yang kita nanti-nantikan syafaatnya di Yaumul Qiyamah nanti.

Kesempatan kali ini akan kami manfaatkan untuk menyampaikan tentang bersedekah menggunakan uang hasil bunga bank.

Uang riba adalah uang haram karena uang itu dihasilkan dari uang yang dipinjamkan kemudian diambil bunga atau tambahannya, sedangkan bersedekah dengan uang haram adalah tidak boleh, tidak sah dan tidak mendapatkan pahala. dalam kitab Ihya` dengan jelas menyatakan tidak sah bersedekah dg harta haram. Dan dalam hal yg dipertanyakan bisa disamakan dengannya.

ﺇﺣﻴﺎﺀﻋﻠﻮﻡ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺝ 2 ﺹ 91 :
ﻭﻓﻰﻧﻔﺲ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﺍﺟﺮﺓ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﺍﻟﺬﻯ ﻳﺘﻌﻠﻖ ﺑﺎﻟﻤﻌﺼﻴﺔ ﺣﺮﺍﻡ ﻭﺍﻟﺘﺼﺪﻕ ﺑﻪ ﻣﻨﻬﺎ ﻻﻳﺠﻮﺯ ﻭﻻﻳﺼﺢ. ﺇﻫـ

Ongkos pekerjaan yang berhubungan dengan maksiat itu haram, dan mensedekahkannya juga tidak boleh dan tidak sah.

Namun jika terpaksa kita harus menabung di Bank hendaknya bunga itu tetap diambill dan JANGAN SAMPAI MASUK KE PERUT ATAU DISEDEKAHKAN, akan tetapi digunakan untuk perkara-perkara yang berguna untuk muslimin dan itu bersifat remeh, seperti perbaikan jalan, pembuatan WC umum dsb, karena jika tidak diambil bunga itu akan dikelola oleh Bank untuk menyokong kristenisasi. demikian keterangan dari Habib Abdullah bin umar As-Syatiri.
wallahu a’lam.

Mungkin cukup sekian jawaban yang dapat kami berikan Apabila ada kekurangan mohon dimaafkan. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh




Jangan Lupa, Ikuti Konten Menarik dan Informatif dari Kami 🙂 !

Pesantren Mahasiswa – Mahasiswi Al-Fattah adalah pondok dekat UNDIP , Polines , dan Poltekes yang menyenggarakan program Tahfidz, Kitab Kuning, dan Program Pengabdian untuk meningkatkan Softskill (kepemimpinan, public speaking, keorganisasian, sosial kemasyrakatan, dll) dari setiap santri. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *