PROFILE PESANTREN

LOGO

Makna logo :

1.      Segi lima melingkari lambang, melambangkan lima rukun Islam.

2.      Bintang satu diatas melambangkan Nabi Muhammad SAW.

3.      Bintang empat disisi kanan melambangkan sahabat empat (Abu Bakar Ash-Siddiq, Umar bin Khattab, Ustman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib).

4.      Bintang empat disisi kiri melambangkan madzhab empat (Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Syafi’i, dan Imam Hambali).

5.      Tulisan arab Pesma Al-Fattah diatas dan melengkung kebawah melambangkan prestasi yang tinggi, tapi selalu bersikap tawadlu’.

6.      Tulisan hadist khoirunnas(ila akhirihi) di dalam tali pita melambangkan keterikatan jiwa seorang santri yang mempunyai manfaat bagi orang lain.

7.      Bola dunia melambangkan wadah organisasi Nahdlatul Ulama.

8.      Tugu muda ditengah dengan ujung pena yang berada di puncak melambangkan lokasi santri dalam menimba ilmu dengan menumbuh kembangkan karakter santri yang berjiwa kreatif dan inovatif

9.      Buku yang tersusun dari empat bagian melambangkan pedoman santri (Al-Qur’an, Hadist, Ijma’, dan Qiyas).

 

Warna logo :

1.    Warna kuning pada bintang, ujung pena, dan tiga bagian buku melambangkan jiwa muda seorang santri yang memiliki sikap optimistis untuk mewujudkan cita-cita Pesma Al-Fattah dalam mencari ridho Allah.

2.    Warna hijau muda pada bola dunia melambangkan kesuburan bagi bangsa Indonesia.

3.   Warna hijau tua sebagai dasar lambang Pesma Al-Fattah melambangkan kedamaian dan ikhtiyar merealisasikan misi agama Islam sebagai agama yang Kaffatan linnas Rohmatan lil ‘Alamin.

Visi :
Rahmatan lil ‘Alamin Misi :Khairunnas Anfa’uhum Linnas