PESANTREN MAHASISWA

Pesantren Mahasiswa-Mahasiwi Al-Fattah Sumurboto merupakan pesantren Ahlussunnah wal Jama’ah an Nahdliyah yang berdiri pada tahun 2006, didirikan oleh beliau Romo Kyai Makmun Murod, SH. Secara geografis Pesma Al-Fattah berada di Jl. Sumurboto II No.10F , Kelurahan Sumurboto Kecamatan Banyumanik Semarang,  dekat dengan kampus Universitas Diponegoro (UNDIP), Politeknik Negeri Semarang (Polines), Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang (Poltekkesmar), dan Universitas Pandanaran (Unpand). 

Pada awal pendiriannya PESMA Al-Fattah hanya terdiri dari santri putra, hingga pada tahun 2019 tepatnya dipertengahan tahun PESMA Al-Fattah membuka pendaftaran untuk santri putri. PESMA Al-Fattah terdiri dari 3 Kompleks utama yaitu Kompleks nDalem yang berada di Lt. 2 dan 3 yang terdiri dari 14 kamar dengan kapasitas total 56 santri (Putri), kemudian Kompleks Putra yang terdiri dari 11 kamar dengan kapasitas total sekitar 68 santri (Putra), dan Kompleks Putri yang terdiri dari 9 kamar dengan kapasitas 18 santri (Putri). 

PESMA Al-Fattah memiliki semboyan 3NG (NGaji, NGabdi, NGampus) yang diwujudkan dengan menyelenggarakan pembelajaran Al-Qur’an (bil Ghoib/bin Nadhri) dan Kitab Kuning yang terdiri dari beberapa fan (Aqidah, Akhlak, Fiqih, Nahwu, Shorof, Ilmu Hadist, dll). Selain itu PESMA Al-Fattah juga memiliki beberapa Program Pengabdian dan ikut terlibat langsung dengan kegiatan masyarakat sekitar sehingga menjadikan para santri dekat dengan masyarakat sekitar.